Tuesday, August 14, 2018

KONTRIBUSI KYAI MA’RUF AMIN DALAM MENDIRIKAN BANK WAKAF MIKRO

Pertama di Era Jokowi ini ada Bank Wakaf Mikro yang masuk dalam pengawasan OJK. Apa itu Bank Wakaf Mikro? Lalu apa hubungannya dengan Kyai Ma’ruf Amin?
Berikut ulasannya son...
Bank Wakaf Mikro (BWM) adalah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat kecil yang tidak memiliki akses ke Bank dengan fasilitas pembiayaan yang dikelola dengan sistem syariah. BWM adalah salah satu program Komite Keuangan Syariah Nasional (KKSN).
Ngerti nggak son apa itu KKSN?
KKSN adalah Komite Keuangan Syariah Nasional yang dibentuk dan diketuai langsung oleh Presiden Jokowi atas inisiatif Kyai Ma’ruf Amin bersama para Ulama saat diundang ke Istana Presiden pada awal tahun 2015.
Kyai Ma’ruf bercerita, “Dulu saat pertemuan dengan Bapak Presiden Jokowi di Istana, para Ulama meminta pemerintah dalam hal ini Presiden Jokowi untuk memperhatikan sistem ekonomi syariah agar berkembang sampai menyentuh ke masyarakat bawah (masyarakat ekonomi lemah).”
Lalu Pak Presiden merespon positif dan berkata, “Kalo gitu saya dirikan Komite Keuangan Syariah Nasional (KKSN) yang diisi oleh Para Ulama dan saya minta Kyai Ma’ruf Amin sebagai ketuanya.”
“Owh tidak Pak Presiden, saya tidak mau. Saya ingin Bapak Presden langsung yang menjadi ketuanya. Saya ingin pengembangan keuangan syariah ini benar-benar serius untuk kemajuan ummat”. Jawab Kyai Ma’ruf Amin kepada Presiden Jokowi.
“Baiklah kalo begitu. Lalu apa yang menjadi aspirasi Para Kyai setelah Komite Keuangan Syariah Nasional ini terbentuk?” Bapak Jokowi menyanggupi dan meminta masukan kepada Para Ulama yg saat itu rombongan Para Ulama itu dipimpin oleh Kyai Ma’ruf Amin.
“Kami ingin memberantas rentenir yang menjerat ummat karena ketidak mampuan mereka mengakses Bank sehingga terpaksa meminjam dana dengan bunga yg berlipat-lipat. Itu tujuan utama kami Pak Presiden.” Jawab Kyai Ma’ruf
“Wah luar biasa cita-cita ini. Baiklah kalo gitu kira-kira program apa untuk memberdayakan ummat yang Pak Kyai maksud?” Timpa pak Jokowi ke Kyai Ma’ruf
“Komite Keuangan Syariah Nasional nanti bisa membuat program Bank Wakaf Mikro Pak Presiden...!!!” Kata Kyai Ma’ruf.
“Owh bagus”. Kata Pak Jokowi.
Pertama kali Presiden Joko Widodo meresmikan Bank Wakaf Mikro di Serang, Banten sebagai langkah kongkrit menindak lanjuti pertemuan dengan Ulama di Istana. Dalam acara peresmian tersebut, Ketua Umum MUI KH Ma'ruf Amin turut mendampingi Jokowi.
Dalam pidato peresmiannya Pak Jokowi berharap melalui program Bank Wakaf Mikro, warga tidak harus terjebak lagi dengan pinjaman uang ke rentenir. Dia berharap usaha yang dijalani bisa berkembang.
Pak Jokowi berdialog langsung dengan ummat, para Ibu-ibu yang hadir.
Nah itulah cerita singkat kenapa ada Bank Wakaf Mikro dan apa hubungannya dengan Kyai Ma’ruf Amin.
BANK MUAMALAT DAN KYAI MA’RUF AMIN
Kalian tahu tidak pret kampret.. Kyai Ma’ruf Amin itu adalah inisiator berdirinya Bank Syariah Pertama di Indonesia, yaitu Bank Muamalat. Dengan berdirinya Bank Muamalat itu kemudian berdiri lembaga Asuransi Syariah dan lembaga-lembaga keuangan syariah yang lain. Sampai saat ini Kyai Ma’ruf Amin masih duduk sebagai Ketua Dewan Pengawas Syariah Bank Muamalat.
Saat menerima ratusan jemaah Ustaz Yusuf Mansur di Muamalat Tower, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (28/2/2018), Kyai Ma’ruf bercerita perihal pendirian Bank Syariah pertama yang kemudian dinamakan Bank Muamalat.
Kiai Haji Ma'ruf Amin tak kuasa menahan tangis, sempat sesenggukan sembari berlinang air mata berkata, “Proses pendirian Bank syariah pertama itu bagian dari perjuangan para ulama. Kelahiran Bank Muamalat adalah tonggak dari sistem keuangan syariah di Indonesia.”
“Bank Muamalat ini dibangun oleh umat dengan susah payah. Jadi bukan lahir dari para pemegang saham, oleh karena itu Bank Muamalat boleh sakit, seperti bank yang lain, tetapi tidak boleh mati," ujarnya dengan suara terisak.
Jadi penting sekali peran para Ulama termasuk Kyai Ma’ruf Amin dalam membangun ekonomi ummat ini.
Terus kalian yang sudah mencela Kyai Ma’ruf apa sumbangsihnya kpd ummat, bangsa dan negara ini?
Ya Allah saya menulis ini juga tak terasa menetes air mata, betapa besar cinta dan perhatiannya Kyai Ma’ruf Amin terhadap ummat. Beliau bukan hanya ceramah dan retorika tapi melakukan langkah nyata.
Bangga dan terharu Apa yang menjadi aspirasi dan perjuangan beliau bersama para Ulama dapat diwujudkan oleh Bapak Jokowi.
Jika Pak Karno Presiden pertama RI dikenal dengan sebutan “Penyambung Lidah Rakyat”, maka Pak Jokowi menurut saya pantas menyandang sebutan “Penyambung Lidah Ulama’”.
Sehat terus Kyai Ma’ruf Amin dan seluruh Para Ulama yang terus peduli bersama pemerintah membangun Bangsa dan Negara ini.
By. Fatur
dikutip dari akun FB. Eman Hermawan
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments