Saturday, May 6, 2017

KEMAH DAN VALUES: Menguak Manfaat Berkemah dan Nilai Edukatif dalam Kepramukaan

KEMAH DAN VALUES;
(Menguak Manfaat Berkemah dan Nilai Edukatif dalam Kepramukaan)


Gerakan  Pramuka  merupakan  organisasi  pendidikan  sebagai  mana  diatur  dalam  Undang-Undang Republik  Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 tentang  Gerakan  Pramuka  dan  berstatus badan hukum. Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmani dan rohani serta menjadi warga negara yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna, yang dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa dan negara, memiliki kepedulian terhadap sesama hidup dan alam lingkungan.
Maka dari itu Gugus Depan MTs. Manahijul Huda Ngagel mengadakan kegiatan perkemahan bertajuk “ Keman dan Classmeeting MTs. Manahijul Huda Ngagel Dukuhseti Kabupaten Pati Tahun 2017“. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 3 sd 5 Februari 2017 di lapangan Alugoro Kabupaten Pati, yang diikuti oleh seluruh peserta didik mulai dari kelas VII sd Kelas IX yang berjumlah 520 peserta didik. Dengan kegiatan perkemahan ini, di terapkan pengamalan Tri Satya, dan Dasa Dharma sebagai lambang kode etik Pramuka dan melalui kegiatan bakti masyarakat ,pentas seni, dan peningkatan kompetensi siswa baik dalam hal akademik ataupun non akademik.
Kegiatan perkemahan dan classmeeting ini diselenggarakan oleh MTs. Manahijul Huda Ngagel setiap tahun dan melibatkan anggota gerakan pramuka (rakit dan terap) dan dewan pembina. Dan yang lebih menarik lagi penggabungan kegiatan perkemahan dan classmeeting sebagian dilaksanakan didalam bumi perkemahan. Sehingga kegiatan pramuka dalam bumi perkemahan  ini disajikan dalam suasana yang meriah dan menyenangkan. Kreatifitas dan kedisiplinan Pramuka, Out Door Games, Api Unggun, Upacara, BaktiSosial, dan tidak kalah menarik perkemahan juga diisi macam-macam perlombaan yang mencakup dari seluruh kegiatan pengembangan diri yang diikuti siswa, misal bidang akademik dan skill non akademik seperti melukis, pidato bahasa Arab dan Inggris, lomba cerdas cermat MIPA, dan lain sebagainya. Kesemuanya disajikan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi peserta didik berbasis madrasah yang berkompeten dan religius serta mencerminkan tri sayta dan dasa dharma pramuka.
Kenapa Harus Berkemah?
Pertanyaan sederhana yang mungkin butuh jawaban yang membutuhkan penjelasan panjang lebar. Sebenarnya kegiatan yang disampaikan di atas bisa juga dilaksanakan disekitar madrasah atau didalam lingkungan madrasah. Akan tetapi disini harus kita pahami kalau kita sebagai pendidik harus juga memahami arti penting kegiatan kepramukaan salah satunya adalah berkemah. Didalam berkemah itu sendiri bisa kita cermati manfaat secara positif, diantaranya:

1.    Kemandirian
Pasti ada donk peserta didik tingkat MTs. yang masih kekanak-kanakan dan belum bisa pisah dari ibunya, misal mandi harus disiapkan segala sesuatunya oleh ibunya, mau sekolah ibunya menyiapkan pakaian dan peralatan sekolah lainnya, dan bahkan ada yang masih tidur bersama orangtuanya. Nah, apa mungkin ketika berkemah ngajak ibunya?
Lha dari sini prinsip dasar dalam melaksanakan perkemahan adalah membentuk peserta didik yang mandiri dan tidak cengeng. Peserta dilatih mandiri artinya segala sesuatu kebutuhan dasar mereka untuk memenuhinya sendiri tanpa arahan dari orang tua. Bagaimana mensikapi keadaan tanpa arahan dari orang tua dan mampu survive sampai acara selesai.
2.    Kepemimpinan
Ada istilah yang menyebutkan “sebelum anda mampu memimpin orang lain anda harus mampu memimpin diri sendiri”. Konsep ini memang sangat masuk akal, didalam kegiatan kemah tentu saja bagi anggota gerakan pramuka yang dibagi menjadi beregu itu tentunya terdiri dari beberapa personal/pramuka. Disini anggota regu harus mampu mempimpin dirinya sendiri selama berada di perkemahan, masih ada korelasi dengan kemandirian dalam mempin dirinya sendiri ini pramuka minimal dalam kebutuhan dasar sehari-hari didalam bumi perkemahan dia dapat menjalankan dan memenuhi dengan baik. Anak pramuka harus mampu manage kegiatan baik pribadi atau kelompok yang mengacu pada scedule acara yang disusun oleh kakak pembina mereka. Selain itu ada istilah ketua regu sebagai pemimpin dalam kelompok satuan pramuka terkecil yaitu regu. Tentunya pemimpin regu ini dengan cara mengarahkan, mengendalikan, dan mengatur anggotanya. Ini adalah wujud implementasi dari konsep pemimpinan dalam dunia perkemahan. Dari sini secara aplikatif seorang pramuka akan belajar menjalankan sistem leadership.
1.    Hidup Kebersamaan
Perkemahan itu tempat yang sangat menyenangkan, disinilah kita bertemu teman-teman yang memiliki watak dan kepribadian yang berbeda, ada yang baik, tegas ada juga yang suka jahil kepada sesama anggota Pramuka. Heterogenitas dari anggota ini bisa disatukan dalan sebuah kegiatan kepramukaan dalam bumi perkemahan melalui kebersamaan beregu. Disini dilatih untuk melakukan kegiatan secara bersama dan   gotong royong dengan melibatkan semua anggota pramuka. Tentu tujuannya adalah untuk tujuan yang positif yaitu endingnya menjadi juara atau regu tergiat. Ini kalau tidak dilakukan secara bersama dan kompak, maka tidak akan terwujud. Jadi kebersamaan dalam bumi perkemahan musti dikalukakan oleh semua anggota gerakan pramuka.
2.    Melatih hidup bermasyarakat
Setiap perkemahan pasti kita mengenal yang namanya kelompok2 terkecil dalam saruak pramuka (misalnya regu) lalu dibagi dan menempati beberapa tenda, dan terbagi atas RT, RW ini dengan asumsi melatih peserta didik untuk mengenalkan sistem yang ada di masyarakat dan bergaul antar warga RT/RW dengan berpedoman kepada prinsip kebersamaan, kerukunan, keamanan, dan menghargai warga lain.
Tentunya tujuan dan manfaat atau nilai yang terkandung dalam perkemahan tidak terbatas pada uraian di atas saja, masih banyak manfaat dan tujuan lain dari kemah. Yang jelas dalam dunia perkemahan mencakup pendidikan sebagaimana apa yang disampaikan taksonomi bloom yaitu mencakup pendidikan yang melibatkan ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Sebagai penutup semoga kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan oleh MTs. Manahijul Huda Ngagel menjadi lebih baik dan lebih progressif dan bermutu demi meraih keberhasilan dalam mendidik peserta didik sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional yaitu mencetak generasi yang siap menghadapi tantangan zaman dengan tidak menghilangkan ciri khas pramuka yaitu kemah. Sampai kapanpun kemah adalah sarana efektif untuk pendidikan di luar sekolah.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments