Wednesday, August 1, 2018

Bukti Fisik Akreditasi SD/MI 2018 Standar Proses Instrumen 11-31

Bukti FisikAkreditasi SD 2018 Standar Proses Instrumen 11-31

Bukti FisikAkreditasi SD 2018 Standar Proses Instrumen 11-31 ini merupakan dokumen yang harus dipersiapkan dalam menghadapi Akreditasi SD 2017. Dalam Dokumen Akreditasi ini saya khususkan untuk Bukti Fisik Standar Proses dari 8 Standar yang harus dipersiapkan. Bagi sekolah dan madrasah (SD/MI) yang akan melaksanakan akreditasi tentunya harus memiliki persiapan yang matang dalam memenuhi tuntutan administrasi yang harus ditinjau langsung oleh Asesor. Untuk memudahkan anda dalam mempersiapkan dokumen bukti fisik tersebut, disini saya akan share kepada anda administrasi sekolah yang harus dipersiapkan.


Dalam Bukti Fisik Standar Proses Akreditasi SD/Mi ini terdapat 20 dari 119 Instrumen yang menjadi bahan penilaian dimana instrumen akreditasi tersebut didasarkan pada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP). Dalam postingan ini saya fokuskan ke Bukti Fisik Instrumen 11-31 yang terdapat dalam Bukti Fisik untuk Standar Proses. Dan untuk standar lainnya seperti Standar Isi, Standar Penilaian, Standar Pembiayaan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Pengelolaan, Standar Kompetensi Lulusan saya sediakan dalam artikel lainnya dalam blog ini.


Instrumen 11
Dibuktikan dengan:
  1. Kelengkapan komponen dan isi silabus yang dimiliki sekolah/madrasah untuk semua tema dan mata pelajaran.
Instrumen 12
Dibuktikan dengan:
  1. RPP yang disusun oleh guru di sekolah/madrasah.
Instrumen 13
Dibuktikan dengan:
  1. Jadwal pembelajaran dan kalender akademik.
  2. Pembagian tugas guru dan tugas tambahan lainnya.
  3. Dokumen Silabus Mata pelajaran.
Instrumen 14
Dibuktikan dengan:
  1.  absensi siswa per kelas
Instrumen 15
Dibuktikan dengan:
  1. Melihat pencantuman buku teks mata pelajaran dalam RPP.
  2. Melihat daftar buku teks pelajaran.
  3. Menanyakan kepada beberapa siswa tentang ketersediaan dan penggunaan buku teks pelajaran dalam bentuk cetak maupun eBook.
    Instrumen 16
    Dibuktikan dengan:
    1. Mengamati proses pembelajaran di 1-2 kelas, yang dipilih oleh asesor dengan memerhatikan keterlaksanaan dua belas hal di atas.
    2. Melihat rekap hasil supervisi kelas oleh kepala sekolah/madrasah
    Instrumen 17
    Dibuktikan dengan:
    1. Mengamati pelaksanaan langkah pendahuluan pembelajaran yang dilakukan guru di kelas.
    2. Melihat kesesuaian antara RPP dengan pelaksanaan pembelajaran.
    3. Melihat rekap hasil supervisi kelas oleh kepala sekolah/madrasah.
      Instrumen 18
      Dibuktikan dengan:
      1. Menelaah ragam model pembelajaran yang digunakan guru dalam: a) RPP. b) Proses pembelajaran di 1-2 kelas, yang dipilih oleh asesor.
      Instrumen 19
      Dibuktikan dengan:
      1. Menelaah ragam metode pembelajaran yang digunakan guru dalam: a) RPP. b) Proses pembelajaran di 1-2 kelas, yang dipilih oleh asesor.

      Instrumen 21
      Dibuktikan dengan:
      1. Menelaah ragam sumber belajar yang digunakan guru dalam: a) RPP. b) Proses pembelajaran di 1-2 kelas, yang dipilih oleh asesor.
      Instrumen 22
      Dibuktikan dengan:
      1. Menelaah ragam pendekatan pembelajaran yang digunakan guru dalam: a) RPP. b) Proses pembelajaran di 1-2 kelas, yang dipilih oleh asesor.
      Instrumen 23
      Dibuktikan dengan:
      1. Mengamati pelaksanaan langkah penutupan pembelajaran yang dilakukan guru di kelas.
      2. Melihat kesesuaian antara RPP dengan pelaksanaan pembelajaran.
      3. Melihat rekap hasil supervisi kelas oleh kepala sekolah/madrasah.
      Instrumen 24
      Dibuktikan dengan:
      1. Memeriksa dokumen: a) Instrumen penilaian otentik. b) Bukti pelaksanaan penilaian otentik. c) Hasil penilaian otentik.
      Instrumen 25
      Dibuktikan dengan:
      1. Dokumen bukti pemanfaatan hasil penilaian otentik yang dilakukan oleh guru (satu tahun terakhir). Hasil perbaikan dan pengayaan siswa setiap mata pelajaran.
      Instrumen 26
      Dibuktikan dengan:
      1. Dokumen bukti perencanaan dan pelaksanaan pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah/madrasah, serta tindak lanjut hasil pengawasan dalam peningkatan mutu secara berkelanjutan.
      Instrumen 27
      Dibuktikan dengan:
      1. Dokumen bukti pelaksanaan supervisi proses pembelajaran yang dilakukan oleh kepala sekolah/madrasah atau guru senior yang diberi wewenang oleh kepala sekolah/madrasah.
      Instrumen 28
      Dibuktikan dengan:
      1. Dokumen bukti pemantauan proses pembelajaran yang dilakukan kepala sekolah/madrasah.
      Instrumen 29
      Dibuktikan dengan:


      1. Memeriksa dokumen bukti tindak lanjut supervisi proses pembelajaran yang dilakukan kepala sekolah.
      Instrumen 30
      Dibuktikan dengan:
      1. Laporan hasil pemantauan, supervisi, dan evaluasi proses pembelajaran yang dilakukan kepala sekolah/madrasah.
      2. Dokumen program tindak lanjut hasil pengawasan.


      Instrumen 31
      Dibuktikan dengan:
      1. Dokumen bukti pelaksanaan tindak lanjut pengawasan yang dilakukan kepala sekolah/madrasah berupa: a) Bukti keikutsertaan guru dalam program PKB. b) Bukti pemberian penguatan dan penghargaan.

      Instrumen 20
      Dibuktikan dengan:
      1. Menelaah ragam media pembelajaran yang digunakan guru dalam: a) RPP. b) Proses pembelajaran di 1-2 kelas, yang dipilih oleh asesor.

      Blogger
      Disqus
      Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

      No comments